Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Amanat Pembina Upacara - Melatih Jiwa Disiplin

 

Upacara Bendera

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yth. Bapak/Ibu Dewan guru

Yang saya banggakan anak-anakku sekalian generasi emas harapan bangsa.

    Pertama-tama marilah senantiasa kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan taufiknya jualah sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini untuk melaksanakan upacara bendera sebagaimana yang selalu kita lakukan secara rutin setiap hari Senin.

Shalawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah mengantarkan kita ke jalan yang diridhoi Allah SWT.

Anak-anakku sekalian yang berbahagia, telah kita saksukan bersama tadi pelaksanaan upacara, melaksanakan tanggungjawab dan tugas yang diberikan secara baik dapat dijalankan tanpa kekurangan yang signifikan. hal ini menjadi pertanda baik bahwa di sekolah kita ini telah terbentuk jiwa disiplin terhadap tanggungjawab, terhadap tugas yang diberikan.

Perlu anak-anakku sekalian ketahui bahwa, didalam pelaksanaan upacara bendera itu ada hikmah yang bisa kita ambil yaitu melatih jiwa kepemimpinan, dan kedisiplinan. 

    Melalui upacara, sebagai peserta kita garus selalu siap terhadap instruksi-instruksi yang diberikan baik itu sikap badan siap, istirahan maupun menghormat bendera. Disini kita dilatih untuk tunduk dan disiplin mengikuti aba-aba yang disiapkan pemimpin upacara.

Selanjutnya, seorang pemimpin upacara betul-betul diberikan kepercayaan secara penuh untuk memimpin barisan secara keseluruhan sehingga tidak terkecuali bapak dan ibu guru sekalipun harus ikut terhadap aba-aba yang diberikan pemimpin upacara.

Kehadiran dan ketepatan waktu anak-anakku sekalian juga melatih kedisiplinan untuk taat terhadap waktu. Begitupula kelengkapan atribut sekolah untuk mengikuti upacara juga menunjukkan bukti kedisiplinan anak-anak sekalian.

Jadi, upacara bendera itu selain memupuk jiwa nasionalisme juga melatih untuk kedisiplinan. Bisa dibayangkan anak-anakku sekalian jika semua tidak dalam keteraturan maka apakah upacara bendera yang kita laksanakan dapat berjalan dengan baik.

Tentunya tidak. Jadi, melalui kesempatan ini, marilah kita senantiasa untuk melatih kedisiplinan kita terhadap apapun itu mulai dari hal-hal yang kecil sehingga nantinya bisa menjadi kebiasaaan yang baik.

Semoga ada manfaatnya yang bapak sampaikan  pada hari ini.

Terimakasih atas perhatian anak-anakku sekalian.

Saya akhiri, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.