Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Amanat Pembina Upacara Hari Senin - "Motivasi Belajar"

Upacara Bendera

Bismillahirahmanirrahim ...
Assalamualaikum Waragmatullahi Wabarakatu. 

Bapak/Ibu Wakil Kepala Sekolah yang saya hormati, 
Bapak/Ibu Dewan Guru beserta Staf Tata Usaha yang saya hormati, 
Anak-anakku sekalian yang saya banggakan. 

    Mengawali Amanat ini marilah Kita senantiasa mengucap rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya jualah sehingga pada kesempatan yang baik ini, Alhamdulillah Kita semua masih diberi nikmat kesehatan untuk berkumpul di tempat ini guna melaksanakan aktivitas keseharian kita. Anak-anakku sekalian, telah kita saksikan bersama pelaksanaan upacara pada hari ini melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik berkat latihan dan belajar yang sungguh-sungguh terhadap tugas dan tanggungjawab yang telah diberikan karenanya sudah sepatutnya kita apresiasi dan jadikan motivasi bagi pelaksana upacara berikutnya. Begitu pula peserta upacara yang tertib dalam mengikuti upacara sehingga betul-betul terasa khikmat, hal seperti inilah yang perlu kita pertahankan dan menjadi ciri khas di Sekolah kita ini. Sebagai pelajar pernahkah Anak-anakku sekalian melakukan refleksi dan merenung apa sih yang paling utama yang harus dilakukan sabagai seorang pelajar. Belajar .... Belajar ... dan Belajar .... 
    
    Itulah aktivitas utama sebagai seorang pelajar. Jadi Anak-anakku sekalian Belajar merupakan aktivitas mental yang menuntut seseorang merubah perilaku jadi malas menjadi rajin, kurang baik menjadi baik, serta dari baik menjadi prestasi. 
    Menumbuhkan motivasi belajar diawali dengan pembiasaan dan kedisiplinan untuk selalu sadar dan taat terhadap tugas dan tanggungjawab sebagai pelajar. Oleh karena itu, kenali diri Anda, karakter Anda dan cita-cita yang nantinya menjadi tujuan Anda agar menjadi semangat Anda untuk belajar. Selanjutnya yang juga penting untuk dilakukan yaitu manajemen waktu mulai dari Anak-anak sekalian berangkat dari rumah hingga kembali ke rumah, semua aktivitas yang Anda lakukan sudah punya perencanaan yang baik, secara khusus bagaimana mengatur waktu belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. 
    Mulailah dari hal-hal kecil dan buatlah menjadi pembiasaan,, pahami gaya belajar Anda sehingga Anda bisa menumbuhkan semangat dan berupaya untuk maksimal dalam belajar. Anak-anakku sekalian yang saya banggakan, Jadi kesimpulannya bahwa motivasi belajar itu kita bisa tumbuhkan dengan baik, apabila ada usaha yang sungguh-sungguh dalam diri Anak-anakku untuk selalu berupaya melakukan pembiasaan-pembiasaan positif dan menjadikannya sebagai suatu karakter positif anak-anak sekalin. 

Demikian amanat pagi ini, semoga menjadi perhatian Anak-anakku sekalian... 
Wassalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.